....

Rabu, 01 Desember 2010

Pengenalan Fitur Yahoo Koprol

Pengenalan Fitur Yahoo Koprol - Buat Anda yang sudah paham tentang seluk beluk koprol, silahkan dikoreksi apabila saya salah. Tampilan koprol cukup berbeda dengan facebook maupun friendster. Oleh karena itu sangat perlu untuk mengetahui fungsi-fungsi fitur dari koprol. Berikut saya ulas sedikit seluk beluk fitur yang ada di koprol (sebagian ada yang sama menyerupai facebook). Setelah memiliki akun di Koprol, pengguna dapat mengoperasikannya tiap berada di suatu lokasi.


Dengan cara masuk ke dalam Koprol dengan memilih lokasi dimana pengguna berada, kemudian mengisi status yang memungkinkan pengguna saling bertukar informasi dengan pengguna Koprol lain. Pengguna dapat mengetahui dimana pengguna lain berada sambil bertukar status dan foto sampai video. Tetapi karena versi kali ini masih dalam bentuk beta, keleluasaan pengguna masih terbatas karena harus mendapat undangan dari pengguna lain, baru kemudian dapat membuat akun di Koprol. F.A-2415 Rincian yang terdapat di Koprol adalah sebagai berikut :

Menu
Dalam Koprol terdapat menu yang disediakan untuk memberi kenyamanan bagi pengguna:

Home
Tempat di Koprol yang menampilkan seluruh aktifitas terakhir semua pengguna yang sedang berada di lokasi yang sama dengan pemilik akun yang bersangkutan. Selain itu juga menampilkan seluruh aplikasi yang dimiliki Koprol, ini merupakan halaman yang paling sering dikunjungi.

Profil Pengguna
Menampilkan nama pengguna, alamat website , serta foto diri yang berguna untuk pengguna lain mengidentifikasi siapa pemilik akun tersebut.

Friends
Menampilkan profil - profil pengguna Koprol lain yang telah menjadi teman dengan pengguna yang bersangkutan. Dan mirip dengan fitur di Twitter, terdapat 4 tab dalam menu ini, yaitu : Followers , berisi pengguna lain yang mengikuti perkembangan pengguna yang bersangkutan; Following , berisi pengguna lain yang dipilih oleh pengguna bersangkutan untuk diikuti perkembangannya; serta Entourage yang merupakan pengguna Koprol yang sifatnya sudah akrab dan dekat. Pengguna dapat menentukan sendiri siapa yang akan dimasukkan ke setiap katagori yang tersedia tersebut.

Lokasi
Menampilkan tempat - tempat dimana pengguna sering kunjungi, dan merupakan tujuan favorit pengguna tersebut. Terpilihnya lokasi tertentu menjadi lokasi favorit dapat dilihat dari mana saja biasanya seorang pengguna masuk ke Koprol. Lokasi favorit seorang pengguna dapat dijadikan bahan diskusi dengan pengguna Koprol lain.

Alerts
Fasilitas ini digunakan untuk mengejutkan pengguna untuk langsung memeriksa apakah ada permintaan menjadi teman yang baru, dengan begitu proses penambahan teman dapat berlangsung cepat.

People Search
Berfungsi untuk mencari pengguna lain yang kita ketahui detal informasinya, seperti nama layar atau nama lengkapnya.

Invite
Digunakan untuk mengundang teman - teman pengguna Koprol yang bersangkutan. Disini selain menggunakan alamat e-mail pengguna, alamat yang dicari dapat bekerjasama dengan Facebook, yaitu dengan menggunakan kontak di akun Facebook kita untuk kemudian dikirimkan undangan lewat surat elektronik agar dapat ikut bergabung di Koprol.

Messages
Mengirim pesan langsung ke pengguna lain dengan memulai post dengan 'to' diikuti dengan titik dua dan nama pengguna yang dituju. Sifatnya khusus dan tidak dapat dibaca publik.

Friends & Nearby
Terdapat di halaman depan, memperlihatkan teman pengguna serta pengguna Koprol lain yang berada di lokasi yang sama.

Me and My Friends
Dalam fitur ini, timeline yang terdapat di Home kita akan terfilter sesuai 2 ( dua ) pilihan, yaitu Commented dan Mentioned . Pada pilihan Commented akan muncul tulisan pengguna yang telah diberikan komen oleh pengguna Koprol lain, sedangkan di pilihan Mentioned , akan muncul tulisan - tulisan dari pengguna Koprol lain yang menulis nama pengguna yang bersangkutan. Dan di frame sebelah kanan terdapat list teman, random tip berisi tips yang dimasukan oleh pengguna lain sehubungan dengan kegiatan konsumerisme , dan review from friends berisi ulasan dari berbagai lokasi yang telah dikunjungi teman pengguna.

Fitur Ponsel
Pengguna Koprol pasti akan lebih sering menggunakan Koprol lewat ponsel, karena pengguna merupakan orang yang dinamis.Aplikasi yang sangat berguna bagi pengguna ponsel adalah:

Auto Check-in
Merupakan cara singkat untuk masuk log sekaligus memilih tempat dimana pengguna berada. Dapat digunakan saat pengguna butuh mengakses dimana dia berada secara cepat.
Peta Navigasi Peta yang menunjukkan lokasi tempat pengguna berada, akan muncul sama seperti selayaknya pengguna sedang menggunakan Koprol di PC. Yaitu gambar peta daerah dimana pengguna masuk log, dan diperlihatkan daerah sekitarnya juga, sehingga dapat berfungsi sebagai penunjuk arah.

Koprol di BlackBerry
Aplikasi ini memungkinkan pengguna BlackBerry mendapatkan kemudahan dalam memakai Koprol sesuai fitur di BlackBerry. Penggunaannya dapat langsung menggunakan BlackBerry browser dengan menambahkan m didepan tulisan Koprol.com, seperti: m.koprol.com

Penayangan ke Twitter
Pengguna Koprol diakomodir untuk dapat mengirim status ke Twitter. Dengan cara Twitter yaitu menggunakan simbol dash (#).Sistem ini sama dengan saat penggunaan Twitter biasa, sehingga pengguna Twitter dapat juga menggunakan Koprol pada saat bersamaan.

Penayangan ke Facebook
Pengguna yang memiliki akun di facebook dapat memperoleh informasi dari Koprol, serta sebaliknya lewat aplikasi wall di facebook. Lewat wall ini, setiap pembaruan di akun koprol pengguna akan diinformasikan lewat Facebook yang memungkinkan persebaran informasi tentang Koprol di dunia Facebook. Selain lewat wall , status pengguna Koprol dapat secara otomatis memperbaharui status di Facebook, setelah terlebih dahulu mengatur pengaturannya di Facebook. Untuk yang ingin daftar bisa membaca tutorial Cara Daftar Yahoo Koprol disitu.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan komentari

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More