Google+ Badge

Kamis, 28 Februari 2013

10 aplikasi Android terbaik 2012 versi Google Play

Google telah merilis daftar aplikasi yang dianggap sebagai yang terbaik untuk Android sepanjang tahun 2012.

Beberapa di antaranya memang baru diluncurkan di 2012, tapi ada juga yang dinilai melakukan update besar-besaran tahun 2012.

Google menobatkan 10 aplikasi untuk menjadi yang terbaik tahun di tahun 2012. Google sendiri sebenarnya tidak memberikan ranking di daftar tersebut. Kemungkinan besar Google menganggap ke-10 aplikasi tersebut sama bagusnya.

Ada beberapa faktor yang menjadi penilaian Google, salah satunya soal experience pengguna saat dijajal di ponsel ataupun pada tablet PC. Apilikasi yang dianggap terbaik juga harus tersedia untuk berbagai jenis perangkat Android.

Hanya ada 1 aplikasi berbayar yang masuk ke daftar ini. Aplikasi tersebut adalah Grimm’s Snow White, sebuah aplikasi buku cerita interaktif. Aplikasi ini dijual dengan harga 1,82 dolar AS.

Berikut 10 aplikasi Android terbaik versi Google yang dikutip dari Play Store

1. Evernote

Aplikasi pencatat yang satu ini memang luar biasa. Pengguna tidak hanya bisa membuat catatan berbasis tulisan saja, tapi juga bisa dilengkapi dengan gambar dan suara.

Lebih asyiknya lagi, Evernote tersedia di berbagai platform, termasuk komputer. Jadi pengguna bisa mensinkronisasikan catatannya di berbagai perangkat sekaligus. Aplikasi ini bisa dipakai secara gratis.

Evernote merupakan aplikasi yang banyak dimanfaatkan untuk urusan catat-mencatat. Tak hanya mencatat teks, Evernote bisa digunakan untuk merekam segala aktivitas di kala rapat atau kegiatan kuliah, karena bisa merekam audio dan video, serta mengambil foto.

Bahkan, Evernote bisa mendikte apa yang pengguna ucapkan menjadi teks.

Media penyimpanan Evernote berbasis komputasi awan, di mana pengguna dapat menyimpan data secara online. Jadi, pengguna bisa membuka file catatannya dari perangkat apa saja hanya melalui satu akun Evernote, selama ada koneksi Internet.

2. Pinterest


Pinterest merupakan jejaring sosial yang sedikit berbeda. Aplikasinya di Android memungkinkan setiap pengguna untuk membuat pin dengan kamera ponsel, lalu membagikannya dengan cepat.

Aplikasi ini pun melesat cepat hingga menjadi aplikasi terbaik 2012 versi Google Play Store.


3. Grimm’s Snow White

Berbeda dengan dua aplikasi sebelumnya, Grimm’s Snow White merupakan aplikasi interaktif untuk menceritakan dongeng Putri Salju kepada buah hati Anda.

Aplikasi ini tergolong menarik karena anak-anak tidak hanya bisa mendengarkan dongeng saja, tapi berinteraksi dengan animasi sederhana di aplikasi tersebut.

Grimm’s Snow White merupakan aplikasi berbayar yang masuk ke daftar ini, aplikasi ini dijual dengan harga 1,82 dolar AS.

4. Pocket

Pocket adalah aplikasi yang bisa dipakai untuk mendownload halaman web yang diinginkan, tujuannya agar pengguna tetap bisa mengakses situs tersebut meski dalam keadaan offline.

Pocket bukanlah aplikasi baru, melainkan renkarnasi dari Read It Later, namun versi terkini dianggap telah memberikan pembaruan yang luar biasa.


5. Expedia Hotels & Flights 

Ini adalah aplikasi wajib para petualang. Expedia, bisa dipakai untuk mencari, memesan hingga berburu diskon dari penerbangan atau pun hotel di kota-kota besar.

Aplikasi travel ini tersedia secara gratis untuk handphone maupun tablet Android. Jika ingin mencobanya, Anda memerlukan free space di perangkat Anda sebesar 8.8 MB dan juga OS Android minimal 2.2. Expedia Hotels & Flights.

6. Ancestry

Ancestry adalah aplikasi yang tergolong nyeleneh. Bagaimana tidak? Aplikasi ini dibuat untuk mengekplorasi silsilah keturunan para tokoh politik, atau para selebriti.

Melalui aplikasi ini pengguna juga bisa membuat silsilah keturunannya sendiri.


7. Fancy

Fancy mungkin bisa dikategorikan sebagai aplikasi untuk berburu barang belanjaan, tapi dengan diferensiasi yang unik karena setiap barang ditampilan dalam sebuah katalog.

ThingsD, pembuat aplikasi ini, mengklaim bahwa Fancy adalah aplikasi 'gado-gado' antara toko dan majalah digital.

8. Series Guide Show Manager 

 Aplikasi ini mungkin sangat digemari bagi Anda yang tak ingin ketinggalan film seri kesayangan. Melalui aplikasi ini pengguna juga bisa mengubah ponselnya menjadi layar kedua untuk menonton film seri tersebut.

Series Guide Show Manager juga menawarkan pengelolaan berbagai macam judul film seri sesuai dengan keingian pengguna. Tapi sekarang, aplikasi ini hanya mendukung film seri di Amerika Serikat dan Eropa.

9. Pixlr Series

Ini adalah aplikasi pengolah gambar yang terbilang wow. Soal filter, Pixlr Express punnya 600 lebih efek yang bisa dipakai, belum lagi fitur untuk melakukan perbaikan foto, croping dan sebagainya.

Hasil olahan melalui aplikasi ini pun tak kalah dengan aplikasi profesional lainnya. Padahal Pixlr Express bisa diunduh secara gratis di Play Store.

10. Ted 

TED bisa dibilang sebagai aplikasi untuk menemukan inspirasi. Melalui aplikasi ini pengguna bisa menyaksikan 1200 lebih video dengan materi-materi menarik yang dibuat oleh berbagai pembicara di seluruh dunia.





semoga artikel yang membahas tentang 10 aplikasi Android terbaik 2012 versi Google Play ini bermanfaat. Amiin.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan komentari

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More