Google+ Badge

Rabu, 03 Juni 2009

Apa itu MILIS /Mailing List…??

Sebagian orang mungkin berpikir Ah.., masa milis aja nggak tau apa artinya.., tapi perlu kita akui bahwa memang masih banyak orang yang belum mengerti apa arti dari milis / mailing list. Bahkan di lingkungan kampus Teknik pun masih banyak yang nggak ngerti apa itu milis atau mailing list. Jadi aku bakal sedikit ngasih pencerahan (sedikit karena aku sendiri bukanlah orang yang sangat tau..).

Jadi kalo menurut aku , pengertian milis itu gini: Orang ââ‚“ orang yang memiliki email, membentuk suatu kelompok dan email-kelompok, nah di kelompok ini mereka bisa saling bertukar informasi, jadi jika salah seorang yang mengirim email ke email-kelompok, (bukan ke salah satu anggota kelompok), maka semua orang di kelompok ini akan mendapatkannya. Jadi misalnya si A mau memberi tau suatu rencana kegiatan kelompoknya, dia gak perlu mengirim email satu ââ‚“ satu ke tiap anggota kelompok. Si A ini hanya perlu mengirim berita itu sekali saja ke alamat email-kelompok ini, dan semua anggota akan menerimanya di email mereka masing ââ‚“ masing. Nah email kelompok inilah yang dinamakan MILIS/Mailing List.
Ada beberapa hal tambahan juga yang perlu diperhatikan. Dalam suatu milis tidak harus kita menerima email tiap kali ada yang mengirim ke milis ini. Biasanya hal ini tergantung pada layanan yang di berikan oleh penyedia milis ini. Misalnya yahoo.com atau yahoogroups.com, kemudian groups.or.id. Nah disitu kita bisa mensetting agar kita tidak usah menerima email tiap kali ada yang memposting (mengirim email), kita bisa atur di bagian account setting, sehinnga kita tidak perlu menerima email, tapi kita tetap dapat membacanya di internet. Misal milis teknik-nuklir, setiap anggota tetap bisa membaca pesan ââ‚“ pesan yang diposting lewat http://groups.yahoo.com/group/teknik-nuklir. Dan bisa juga kita mensetting agar kita tidak usah menerima email setiap kali ada yang posting, tapi cukup menerima seluruh email yang diposting selama satu hari dalam satu email saja. Hal ini juga lagi- lagi tergantung pada penyedia layanan milis tersebut.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan komentari

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More