Google+ Badge

Jumat, 12 Juni 2009

Robot Bermain Facebook ?

Di arab, telah di ciptakan sebuah robot canggih. Robot ini mampu bermain facebook layaknya manusia. Selain memiliki akun di facebook, robot ini juga memiliki halaman facebook khusus. Robot canggih ini bernama Ibn Sina. Tujuannya untuk menjembatani jurang pemisah antara manusia dengan robot. Penasaran ? Mau ?

Ide unik ini dicetuskan Dr. Nikolaus Mavridis dan asistennya. Mereka memadukan kepopuleran situs jejaring Facebook dan robot untuk bisa membuat manusia 'jatuh hati' pada robot.

Foto robot Ibn Sina :



Sebelum terjun ke dunia Facebook, robot ini dipoles sedemikian rupa dulu oleh Dr Mavridis yang dibantu mahasiswa-mahasiswa dari Interactive Robots and Media Lab (IRML) University of the United Arab Emirates, serta rekan mereka di Jerman dan Yunani. Atas kerja keras mereka, Sina memiliki kemampuan yang berbeda dengan robot-robot yang biasanya difungsikan untuk membantu manusia.

Sina bisa diajak chatting. Ia memiliki kemampuan untuk melakukan percakapan secara real-time dengan orang-orang yang mengajaknya chatting lewat Facebook ataupun IRML dengan modul bahasa yang ia miliki. Robot ini juga dibekali kemampuan untuk mengatur database teman-temannya lewat informasi yang ada di Facebook. Database ini nantinya berfungsi agar profilnya tetap update. Ia juga dibekali dengan kemampuan mengenali wajah saat teman-temannya nanti mengupload foto di Facebook.

Halaman Facebook Sina nantinya akan menampilkan interaksi-interaksi yang pernah dilakukan robot-robot dengan manusia. Hal tersebut ditunjukkan melalui foto-foto dokumentasi keterlibatan robot dalam sebuah perusahaan. Mereka berharap Facebook Sina ini dapat menjembatani hubungan antara manusia dan mesin.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan komentari

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More