Google+ Badge

Senin, 01 November 2010

Awas, Ada Trojan Menyamar Jadi Antivirus Microsoft!


Jakarta - Sebuah trojan terdeteksi menyamar sebagai produk antivirus besutan Microsoft, yaitu Microsoft Security Essentials. Trojan ini mencoba mengelabui user untuk menginstal program keamanan palsu.

Menurut para peneliti di perusahaan antivirus F-Secure, Microsoft Security Essentials palsu tersebut didistribusikan melalui teknik serangan drive-by-download dalam bentuk sebuah file bernama "hotfix.exe" atau "mstsc.exe". Demikian yang dipaparkan Mikko Hypponen, chief research officer F-Secure dalam postingan blognya.

Drive-by-download sendiri terjadi ketika seorang user tidak sengaja men-download sebuah file dari internet, misalnya men-download software yang nantinya akan menginstal program executable palsu. Drive-by-download biasanya terjadi ketika user mengunjungi sebuah situs, melihat pesan email atau mengklik pop-up window.

Lebih lanjut, trojan tersebut menampilkan sebuah window peringatan "Microsoft Security Essentials Alert", yang mengklaim bahwa komputer telah terinfeksi sebuah program berbahaya bernama "Unknown Win32/Trojan". Peringatan palsu ini dimunculkan untuk menakut-nakuti user agar segera men-download produk antivirus palsu.

Program jahat tersebut lalu menawarkan produk antivirus palsu dengan nama beragam, termasuk "AntiSpySafeguard", "Major Defense Kit", "Peak Protection", "Pest Detector" dan "Red Cross" untuk membersihkan infeksi virus. Trojan tersebut juga akan mencoba menakut-nakuti user agar membeli produk lain yang tidak kita butuhkan.

Mengenai keberadaan trojan ini, pihak Microsoft mengaku sudah mengetahuinya. "Kami sudah mengetahui keberadaan program antivirus palsu yang meniru Microsoft Security Essentials tersebut - termasuk scareware baru yang bernama `Microsoft Security Essentials` - dan sangat mengimbau konsumen agar hanya men-download dan menginstal perangkat lunak yang berasal dari Microsoft atau sumber terpercaya lainnya," ujar juru bicara Microsoft melalui email.(mls/mar)
Sumber : scmagazineus.com

Comments
0 Comments

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More