Google+ Badge

Jumat, 19 November 2010

Makin Pintar, Worm Messenger Multi-Bahasa Menyebar Cepat di Internet


Jakarta - Tim peneliti keamanan di Kaspersky Lab memperingatkan pengguna internet untuk berhati-hati terhadap program jahat yang saat ini marak beredar melalui layanan pesan instan (Instant Messenger/IM), termasuk Yahoo Messenger, Skype, Paltalk Messenger, ICQ, Windows Live Messenger, Google Talk dan XFire yang digunakan oleh para gamer online.

Program jahat ini tidak seperti biasanya karena sifatnya yang multi-bahasa. Worm ini dapat mengirim pesan dalam 13 bahasa yang berbeda untuk mengelabui korban.

Meski bahasa yang umum digunakan adalah Inggris dan Jerman, namun worm ini terdeteksi kebanyakan aktif menyebar di negara-negara berbahasa Spanyol atau Portugal seperti: Meksiko, Brazil, Peru dan Amerika Serikat. Worm ini juga terdeteksi menyebar di Afrika, India dan Eropa, terutama Spanyol.

Para peneliti sampai sejauh ini telah berhasil mendeteksi empat (4) varian worm yang menginfeksi sistem operasi Windows. Salah satu worm yang ditemukan bernama IM-Worm.Win32.Zeroll.

Sekali worm ini dieksekusi, worm akan mengambil alih kontrol komputer lewat aplikasi instant messaging lalu mengirimkan salinan dirinya ke semua orang yang ada pada daftar kontak akun IM secara simultan. Worm ini menyebar dengan cara menyamar sebagai link berisi foto yang jika diklik akan mengarahkan korbannya ke sebuah file berbahaya.

Setiap worm diketahui bertindak sebagai backdoor yang nantinya terhubung ke sebuah pusat kontrol. Dari sinilah hacker kemudian dapat mengatur serangan dengan mengelompokkan semua sistem yang terinfeksi tergantung negara dan klien IM yang digunakan. Inilah yang menentukan perintah mana yang harus dikirim dan indikasi bahasa lokal yang digunakan, selanjutnya mendistribusikan spam ke target tertentu.

IM-Worm.Win32.Zeroll juga mampu mengambil alih kontrol komputer tanpa sepengetahuan pengguna, dan men-download program berbahaya lainnya.

Dmitry Bestuzhev selaku ahli regional Kaspersky Lab untuk Amerika Latin menyatakan, worm ini akan berusaha menginfeksi sebanyak mungkin komputer untuk menarik perhatian para penjahat lain untuk kepentingan tertentu seperti menawarkan sejumlah bayaran berdasarkan banyaknya worm yang diinstal, menyebarkan spam dan sebagainya.(mls/mar)

Sumber : IT Pro

Comments
0 Comments

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More