Google+ Badge

Minggu, 28 November 2010

Polisi Dilatih Lacak Pelaku Kriminal Lewat Jejaring Sosial

Jakarta - Di era informasi teknologi seperti sekarang ini, sudah sepatutnya para aparat penegak hukum negara harus mempersiapkan diri menghadapi tantangan kejahatan cyber yang juga semakin canggih.

Menyikapi tantangan kepolisian yang kian modern itu, National Policing Improvement Agency (NPIA) di Inggris menyatakan akan segera membekali para aparatnya dengan pelatihan tentang cara melacak pelaku kriminal melalui situs jejaring sosial.

Ribuan penyelidik akan digembleng secara khusus tentang cara-cara mengumpulkan bukti dan informasi dari perangkat teknologi serta melacak tersangka melalui layanan sosial media.

Menurut NPIA, para detektif akan diajarkan tentang bagaimana cara mengumpulkan bukti dan informasi dari perangkat teknologi seperti komputer, handphone, CCTV, kamera Automatic Number Plate Recognition serta data keuangan seperti laporan bank dan penggunaan mesin kas.

Kepala eksekutif NPIA Nick Gargan mengatakan, pihaknya harus melakukan perbaikan-perbaikan agar para detektifnya semakin terampil mengatasi tantangan dan kompleksitas kejahatan berbasis web yang semakin modern. Dengan begitu aparat dapat melakukan penyelidikan di manapun dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dalam menumpas kejahatan.

Selain itu, polisi seringkali dikritik karena kekurangan sumber daya manusia yang mumpuni ketika diminta menyelidiki penipuan online dan kejahatan berteknologi canggih.

Menurut NPIA, sekitar 3.500 siswa detektif ikut ambil bagian dalam program Initial Crime Investigators Development setiap tahunnya. Sebuah database nasional baru tentang catatan jejak kejahatan juga akan dibahas dalam pelatihan.(mls/mar)
Sumber : Vnunet

Comments
0 Comments

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More